Sabtu, 16 Februari 2008

paul kollsman(1900-1982)
inventor penunjuk ketinggian terbang
Pengaturan tinggi terbang menjadi aspek penting dalam kontrol terbang pesawat.urgensinya,menghindari rintangan terbang(tower,gunung,atau awan)dan menjaga karak aman terhadap pesawat lain.Penentuan ketinggian secara tepat juga akan membuat pencapaian waktu dan penggunaan bahan bakar(fuel)selama operasi terbang masih efisien.
Fngsi yangdemikian penting membuat instrumen pemantau ketinggian terbang pesawat,yang disebut altimeter,sebagai perangkat terbang yang vital bagi pesawat.regulasieluarkan badan otoritas penerbangan Amerika(FAA) menetapkan,pada pesawat transpor altimeter harus terpasang pada kedua pada kedua sisi instrumen planel,masing-masing untuk pilot dan ko-pi-lot.

instrumen altimeter diuji coba untuk pertama kali dalam suatu aksi terbang buta atau terbang dengan pengontrolan yang sepenuhnya mengacu pada tampilan instrumen.doolitle menggunakan altimeterdalam demonstrasi terbang buta yang dilakukannya menjadi awal pembuktian keandalan instrumen yang menentukan jetinggian terbang berdasarkan perbedaan tekananpengukur yang disebut pitot itu.ketika pada 24 september 1929 doolitle sukses melakukan aksinyahingga tercatat sebagai aksi terbang buta pertama,instrumen yang kemudian disebutbarometic altimeter(karena bekerja berdasar perbedaan tekanan udara)tersebut mendapat oengakuan sebagai instrumen yang sangat menunjeng oper asi terbang.
jendela kollsman
barometic altimeter sering disebut kollsman window(jendela kollsman).pada sebutan itu terbawa nama paul kollsman,sosok yang identik dengan perangkat pengukur tinggi terbang pesawat itu.barometic altimeter merupakan instrumen iptaaan kollsman.ide pembuatannya muncul saat ia menjadi mekanik di pioneer instrumen co.hanya ia tak berkesempatanmewujudkan gagasannya di perusahaan pembuat perangkat alat ukur dan instrumeen tersebut.altimeter dibuat dengan fasiklitas perusahaaninstrumen yang didirikan kollsman sendiri,kollsman instrumen co.
dengan berhasil membuat altimater,kollsman menjadi sala h seorang yang berkontribusi penting dalam masa awal dunia penerbangan.altimeter dianggap sebagai sebuah invensi revolusioner yang dapat meningkatkan keamanan lalulintas udara.kollsmanpun terdorong untik mengembangkan instrumen pesawat terbang .ia berhasil mencatatkan lebih dari 200 paten.
prestasi kollsman merupakan pencapaian yang sebelumnya tak terbayangkan.kepindahannya daeri jerman ke amerika tahun 1923,awalnya memasarkan sebuah mesin mobil tipe baru yang gagal
terjual di tanah kelahirannya.ketika keberhasilan tak juga datang,upaya pemasaran mesin tersebut ia hentikan dan berketetapan mencari pekerja.kollsman mengawali pekerjaannya sebagai pembantu pengemudi truk.beberapa waktu berlangsung ia menjadi mekanik di pioneer instrumen co,penempatan yang memungkinkan killsman banyak belajar mengenai instrumen pesawat terbang.
agar dapat berinovasi dengan leluasa,kollsman nekat mendirikan perusahaan pembuat insrtrumen sendiri.kollsman instrument co.dudurikantahun 1928 dengan modal awal 500 dolar AS.disini ide pembuatan altimeter,berhasil diwujudkan.sukses diuji coba dalam terbang buta Dolitle,temusnnya terus disempurnakan seraya membuat berbagai instrumenavionik lain.produk perusahaannya dipasang pada banyak pesawatdi seluruh dunia,termasuk pesawat amerika yang digunakan dalam perang dunia II.
tahun 1939 tanpa alasan yang jelas kollsman mnjual perusahaannya,seharga 4 juta dolarAS.hasilnya digunakanmembelitanah seluas 800 ha yang kemudian diubah menjadiarena ski.kollsman yang lahi di freudenstadt,jerman,22 februari 900 menikah dengan julie Dorothea baronin von bodenhausen pada tahu 1944.ia meninggak 17 maret 1982 di beverly hills,california ,AS.
penghargaan
atas konstribusinya dalam penerbangan dunia penerbangan,paul kollsman menerima penghagaan berupa medali guggenheim,sebuah penghaggaan yang diberikan oleh yayasan daniel guggenheim,lembaga yang didirikan untuk mendukung pendidikan,riset,dan pengembangan dunia penerbangangan.pengakuan lebih nyata ditunjukan debgan masih digunakannya instrumen barometic altimeter hingga saat ini.
ditengah trend kemajuan perangkat terbang yang serba elektronik dan digital,termasuk radio altimeter(pemantau ketinggian yang bekerja berdasar pantulan gelombang radio),"jendela kollsman"masih menjadi salah satuinstrumen penting pesawat terbang.urgensi utamanya adalah kepentinga terhadap pressure altitude yanh ditunjukan insrtumen tersebut.data tersebrut menjadi parameter penting dalam penentuan untuk kerja pesawat.(PR)

Tidak ada komentar: